PRINSIP LATIHAN DASAR UNTUK MENDAKI - PENDAKI SLOW

PRINSIP LATIHAN DASAR UNTUK MENDAKI

Mendaki gunung termasuk olahraga keras yang memerlukan latihan yang baik. Untuk memastikan kegiatan ini dapat dijalani dengan menyenangkan dan aman, latihan rutin dengan disiplin yang baik serta kesegaran pikiran perlu tetap terjaga. Tidak seperti olahraga lain, membawa ransel dengan beban yang cukup berat bukanlah pekerjaan mudah ketika harus melakukan pendakian dan pemanjatan pada dinding yang terjal.

Kekuatan fisik dan stamina menjadi syarat mutlak yang harus dimiliki setiap pendaki, karena hal inilah yang begitu banyak membantu pendaki melakukan aktifitasnya. Memotivasi diri sendiri menjadi demikian penting untuk melakukan berbagai latihan. Perbaikan ke arah yang lebih baik harus terlayani. Jangan menaruh terlalu banyak tekanan dalam latihan hanya untuk mendapatkan kekuatan dan kesegaran dengan cepat,. Buatlah langkah dan urutan yang baik pada setiap kali selesai dan memulai latihan serta melakukan prosedur latihan yang benar setiap kali melakukannya sehingga akan tercipta kinerja yang meningkat.
Berikut adalah beberapa panduan untuk mendapatkan sesuatu yang lebih baik dalam latihan yang sesuai untuk mendaki gunung:
  1. Perhatian utama kita sebelum melakukan apapun tertuju pada kondisi fisik kita sendiri. Pergilah ke dokter, lakukan uji pemeriksaan kesehatan (medical check up) untuk mengetahui kondisi kesehatan kita saat ini, hal ini dapat meminimalkan potensi masalah yang akan terjadi ketika kita menjalani latihan yang keras ataupun melakukan kegiatan pendakian di alam yang keras.
  2. Ketahui kekuatan dan kelemahan kita dan terus melakukan perbaikan ke arah yang lebih baik. Lakukan latihan rutin sesuai dengan kebutuhan dan tujuan anda melakukannya.
  3. Lakukan pemanasan sebelum memulai latihan dan kegiatan. Berikan kelenturan otot dalam tubuh kita sehingga ketegangan otot bisa dihindari. Otot yang fleksibel akan mencegah terjadinya cedera dalam tubuh.
  4. Lakukan latihan pernafasan dengan baik. Salah satu aspek penting dalam mendaki gunung atau panjat tebing adalah mengetahui bagaimana melakukan pernafasan yang benar dan baik. Dengan mengetahui hal ini kehilangan nafas dan kelelahan yang sangat akan bisa dihindari. Lakukan latihan cara bernafas yang efisien dan lakukan latihan untuk meningkatkan kapasitas pernafasan.
  5. Lakukan latihan pada otot-otot seluruh tubuh setiap saat. Pada saat mendaki semua otot dalam tubuh akan terlalu sibuk bekerja sehingga akan benar-benar menguji daya tahan dan kesabaran kita. Berjalan, lari, bersepeda, berjalan naik dan turun tangga atau terlibat dalam olahraga adalah hal yang harus dilakukan setiap saat. Berbagai kegiatan ini akan memperkuat otot anda terutama otot-otot pada kaki sebagai penopang kegiatan mendaki gunung.
  6. Lakukan kegiatan push-up dan sit-up. Kegiatan ini sangat membantu menjaga kestabilan stamina dan kesegaran tubuh. Lagi pula hal ini akan terus melatih otot atas dan bawah yang akan sering bekerja keras pada saat mendaki gunung.
  7. Mendaki gunung akan banyak melibatkan pemanjatan terutama di lereng terjal dan dan dinding curam. Latih terus ketrampilan kita dalam hal rappelling, panjat dinding, panjat tebing dan berjalan menaik turun.
  8. Sebagai bagian dari pelatihan teknis, kita bisa menggunakan beban berat pada punggung ketika melakukan panjat dinding ataupun berjalan menaiki dan menuruni anak tangga. Lakukan penambahan beban pada satu waktu tertentu dan upayakan berpijak dengan baik dan mantap, Aktivitas mendaki gunung yang sebenarnya memerlukan kekuatan pada saat menginjak dan melangkah ke tempat yang lebih tinggi pada lengan kaki. Hal ini akan memberikan tantangan tersendiri bagi setiap pendaki untuk dapat melakukannya.
  9. Lakukan latihan berjalan pada jalur yang kasar dan keras konturnya, Cobalah berjalan pada media yang tidak rata dan tidak halus seperti pada batu-batu terjal dan licin, karena latihan seperti ini akan membuat anda melakukan langkah dengan efisien pada saatnya.
  10. Terakhir, mengantisipasi berbagai kesulitan. Meningkatkan tingkat kesulitan dalam latihan untuk mengembangkan kondisi dan meningkatkan daya tahan tubuh adalah tantangan tersendiri yang harus dilakukan. Jika hal ini bisa dilakukan maka kita akan dapat mengantisipasi berbagai kesulitan pada saat melakukan kegiatan.
Mendaki gunung memerlukan kekuatan tubuh dan ketrampilan khusus yang harus selalu dilatih. Tips di atas akan membantu tubuh kita menyesuaikan diri dengan medan dan iklim dimana kita melakukan kegiatan. Selain kekuatan fisik dan stamina, memiliki peralatan yang cukup baik dan ketrampilan menggunakanannya juga menjadi bagian penting yang tidak terpisahkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel